Just Share tentang Web Palawa UGM
Intinya: Palawa.ugm.ac.id : Masuknya tetep
pake niu n pass portal akademik seperti biasa. Ntr ada banyak menunya gtu.
Nilai yg semester sebelumnya bisa liat kalo yg semester trakhir diambil blm bisa
soalnya belum ngisi EDoM Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa entah gimana ngisinya.
Liat nilainya di bagian menu akademik, terus mahasiswa ntar dikanannya ada
nilai, riwayat nilai dll. Tulisannya konsekuensi kalo belum ngisi EDoM ga bisa
IRS/KRS juga. Ternyata udah bisa isi edom nya, di bagian menu akademik terus
klik edom ntar tinggal pilih terus klik kelasnya, habis itu kita udah bisa isi
edom nya. Diisi buruk smua aja. Nilai ttp kluar kok. Lagian itu webnya lebih
gampang kok dari yang sebelumnya. Kan pas buka edom itu dijelasin kalo itu
bersifat rahasia. Jadi kalo pun lo ngasih penilaian jelek ke dosen, gak bakalan
ngaruh sama nilai.
Beberapa hal penting yang harus
diperhatikan mahasiswa UGM saat pertama kali mengakses Palawa UGM sebagai
berikut:
1. Jangan panik! Santai saja, ini adalah
sistem baru yang ditawarkan UGM melalui Palawa UGM. Sistem ini lebih baik dan
fiturnya lebih komplit daripada sistem sebelumnya (Portal Akademik UGM).
Cermati dahulu dengan seksama, baca satu persatu, akses halaman serta fiturnya
satu persatu agar semakin jelas dan paham.
2. Sistem Palawa UGM ini memiliki fitur
Auto-Logout di mana mahasiswa yang login (masuk) akan di-logout (dikeluarkan)
secara otomatis setiap 10 menit sekali. Jangan khawatir, kita tinggal login
lagi saat di-logout oleh sistem. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan
dalam sistem Palawa UGM terutama keamanan terhadap akun kita.
3. Saat pertama kali masuk Palawa UGM
biasanya beberapa informasi akademik seperti riwayat registrasi, hasil studi,
rekap nilai, dan riwayat nilai serta informasi profil masih banyak yang kosong.
Tidak masalah, beberapa menit kemudian informasi tersebut akan lengkap dengan
sendirinya karena saat kita masuk pertama kali maka sistem baru memulai merekap
(load) data dari sistem sebelumnya untuk ditampilkan pada sistem baru Palawa
UGM.
4. Hasil studi periode 2014 semester gasal
(KHS terbaru) belum bisa ditampilkan karena kita belum mengisi EDoM (Evaluasi
Dosen oleh Mahasiswa). Untuk itu, kita harus mengisi EDoM tersebut. Konsekuensi
jika kita tidak mengisi EDoM meliputi: Nilai tidak ditampilkan di laman hasil
studi mahasiswa meskipun data nilai sudah dimasukkan ke dalam sistem; Rekap
nilai tidak ditampilkan; dan Tidak dapat melakukan Isian Rencana Studi
(IRS/KRS). Setalah kita mengisi EDoM pada semua mata kuliah yang diambil maka
hasil studi baru bisa keluar.
5. Memulai mengisi EDoM. Buka menu Akademik
> Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa > Dosen Pengampu Mata Kuliah lalu pilih
satu persatu kelas mata kuliah yang diambil dan isi satu persatu evaluasi
terhadap dosen pengampu mata kuliah tersebut sesuai dengan hati nurani Anda.
Jangan takut, data bersifat rahasia, sistem hanya mencatat isian dan menandai
Anda sudah mengisi tetapi tidak menyimpan relasi isian dengan profil Anda.
6. Sabar dalam mengakses setiap fitur Palawa
UGM terutama dalam mengisi EDoM. Jangan gegabah, perubahan portal yang mendadak
membuat ribuan mahasiswa UGM mengakses seketika dalam waktu yang bersamaan
sehingga diperkirakan trafik pada server webnya akan penuh beban yang
mengakibatkan proses berlangsung lebih lama (lemot). Terlebih ini masih periode
penantian nilai hasil studi dan mendekati periode KRS. Usahakan koneksi
internet yang kita gunakan cepat atau akseslah pada waktu-waktu sepi, misalnya
tengah malam atau dini hari.
7. Jangan risau saat kita sudah mengisi
EDoM tetapi saat kita lihat di halaman Hasil Studi menunjukkan bahwa EDoM belum
terisi. Tipsnya adalah dengan mengisi EDoM satu persatu, jangan langsung dibuka
EDoM beberapa mata kuliah pada banyak tab. Buka EDoM mata kuliah pertama lalu diisi,
kemudian cek di halaman Hasil Studi dan pastikan bahwa EDoM mata kuliah pertama
tersebut sudah berhasil terisi (tidak ada tulisan "belum mengisi
EDoM"). Setelah itu, tunggu beberapa saat sekitar dua menit sambil
browsing atau sambil makan camilan baru kemudian mengisi EDoM mata kuliah kedua
dan seterusnya sampai semua EDoM mata kuliah berhasil terisi.
Informasi Akademik : berikut adalah Tata
Cara Penggunaan Portal Akademik Baru (short version). silahkan didownload dan
disebarkan infonya. terimakasih http://bit.ly/TataCaraPenggunaanPortalAkademik
Buka bit.ly/tentangpalawa guys, ada update
FAQ dsana :) (Frequently asked questions)
Sedikit informasi.Guys kalo mau baca ada
FAQ PALAWA nih, dema fisipol baru bikin habis wawancara sama pihak DA. Cek aja
bit.ly/tentangpalawa :) kalo kurang kasih pertanyaan lg aja yaa secara garis
besar ataupun kasus spesifik, nanti diaudiensi lagiii. Makasih.
[FAQ] [ADVOKASI] Tentang Portal Palawa.
Note ini akan di update tiap harinya mulai
dari Senin, 2 Februari 2015.Ikuti terus perkembangannya.
(Forum Answer & Question) PALAWA UGM
Wawancara dengan Bu Erika dan Pak Haris,
bagian Informasi dan Teknologi Direktorat Akademik UGM.
1. Apa sih website palawa.ugm.ac.id itu?
a) Palawa, atau Portal Mahasiswa, adalah
portal yang (diharapkan) memungkinkan seluruh civitas akademika UGM untuk
mengakses berbagai informasi akademik dengan akses lebih cepat dan fitur yang
lebih lengkap. Portal ini menggantikan fungsi dari portal mahasiswa yang
sebelumnya dapat diakses di akademika.ugm.ac.id.
b) Kamu bisa website palawa.ugm.ac.id dan
Log In dengan user name dan password yang pernah kamu gunakan di portal akademik
sebelumnya.
2. Mengapa tidak ada sosialisasi kepada
mahasiswa?
a) Sosialisasi belum dilakukan karena
terdapat kebutuhan mendesak akan fitur Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa yang
terdapat di Palawa.
b) Sosialisasi akan dilakukan di tingkat
fakultas dengan bantuan Kepala Seksi bagian Informasi dan Teknologi di
fakultas.
3. Kenapa tidak ada uji coba terhadap
portal baru ini?
a) Uji coba sudah pernah dilakukan sejak
tahun lalu di beberapa fakultas. Namun, tidak ada permasalahan yang berarti
dalam uji coba tersebut karena mahasiswa atau pihak yang dilibatkan tidak
banyak. Eror banyak terjadi sekarang salah satunya dikarenakan akses yang
membludak dari puluhan ribu mahasiswa UGM.
4. Bagaimana koordinasi pihak universitas
dengan fakultas terkait portal ini?
a) Saat ini belum ada koordinasi kepada
kepala seksi fakultas yang mengurus bagian IT. Hasil audiensi dengan pihak
fakultas hari ini (Senin, 2 Februari 2015) menyatakan mereka tidak mengetahui
bahwa Palawa sudah di launching ke pihak mahasiswa. Sehingga, Advokasi Dema
dialihkan untuk melakukan koordinasi langsung ke pihak universitas.
5. Karena masih transisi portal lama ke
portal baru, mengapa keduanya tidak diaktifkan terlebih dulu untuk menjamin KRS
bisa berjalan dengan baik?
a) Hal ini tidak bisa dilakukan karena
dengan pengaktifan kedua portal, mahasiswa bisa dipastikan cenderung mengisi
KRS di portal akademik yang lama. Padahal, fitur yang dirasa universitas cukup
mendesak ada pada portal baru. Ini juga untuk menghindari kebingungan akan
informasi yang valid.
6. Apakah universitas memiliki jaminan jika
pada akhirnya ada kendala teknis yang menyebabkan mahasiswa tidak bisa
melakukan KRS hingga masa revisi habis?
a) Yang paling penting, laporkan setiap
akun yang bermasalah dan pihak universitas akan mengecek server tersebut dengan
jaminan waktu untuk perbaikan.
b) Usahakan segala proses dilakukan dalam
masa KRS dan revisi KRS.
c) Jika masih ada kendala teknis yang
sangat krusial di masa transisi ini hingga akhir masa KRS, mahasiswa tersebut
dapat mengajukan surat ke Dekanat Fakultas masing-masing dan melakukan diskusi
dengan alasan keterlambatan yang logis, dibantu dengan Departemen Advokasi.
7. Bagaimana jika tidak bisa Log-In ke
portal palawa?
a) Log-in gagal kemungkinan karena server
sedang sibuk. Akses pada website penuh di waktu-waktu tertentu, terutama masa
KRS dan revisi KRS ini. Jika tidak bisa, coba lagi beberapa saat.
8. Untuk mahasiswa Fisipol, jika sudah
mengisi KUEL, apakah masih harus mengisi EDoM?
a) Ya. Transisi portal lama ke portal baru
menyebabkan belum terintegrasinya hasil evaluasi yang dilakukan di tingkat
fakultas dan universitas. Standar yang digunakan juga berbeda. Sehingga,
mengisi EDoM menjadi suatu keharusan untuk memunculkan Hasil Studi di tingkat
universitas.
9. Haruskah mahasiswa Fisipol mengisi EDoM
dari semester 1 untuk melihat Hasil Studi?
a) Tidak perlu. Mahasiswa hanya perlu
mengisi EDoM untuk semester ganjil 2014.
10. Bagaimana jika nilai mata kuliah tidak
muncul di bagian ‘Hasil Studi’?
a) Mahasiswa perlu mengisi seluruh bagian
EDoM untuk memunculkan nilai pada Hasil Studi.
b) Selain itu, nilai bisa di cek di ‘Hasil
Studi’, ‘Rekap Nilai’, dan ‘Riwayat Nilai’.
i. Hasil studi berisi nilai mata kuliah
dengan rekapan per-semester.
ii. Rekap Nilai berisi seluruh mata kuliah
beserta nilainya, termasuk nilai terbaru jika ada mata kuliah yang mengulang.
iii. Riwayat Nilai berisi rekam jejak nilai
yang pernah didapatkan oleh mahasiswa tersebut.
11. Bagaimana jika tidak bisa mengisi EDoM
di portal?
a) EDoM blank dan tidak ada form yang bisa
diisi disebabkan oleh kendala server yang belum stabil.
b) Sebagai solusi, segera lakukan pengaduan
ke Advokasi Dema Fisipol (085714430001 - Kiki) dengan format nama_NIM_keluhan.
Kami akan menyampaikan nama dan NIM yang akunnya bermasalah ke bagian Informasi
dan Teknologi Direktorat Akademik UGM setiap hari selama masa REVISI KRS
Fisipol, setiap pukul 09.00 dan pukul 13.00.
c) DA akan memproses akun yang bermasalah
agar bisa mengakses EDoM segera. Jika masih belum bisa mengakses di hari itu,
beri laporan ke Advokasi Dema kembali.
12. Apa arti notifikasi ‘belum disetujui’
yang muncul di samping mata kuliah dalam lembar KRS?
a) Secara ideal, notifikasi itu dihadirkan
untuk memperkuat peran Dosen Pembimbing Akademik (DPA) di tiap fakultas. DPA
kedepannya akan memberikan masukan dan izin bagi KRS mahasiswa. Namun, dalam
masa transisi portal saat ini, tidak menjadi masalah jika notifikasi ‘belum
disetujui’ masih ada dalam KRS. Mahasiswa tetap akan terdaftar dalam mata
kuliah tersebut.
Kami akan update terbaru lagi secepatnya.
Salam Dekat-MenyegarkanDepartemen
AdvokasiDewan Mahasiswa Fisipol UGM
Selamat Pagi Teman-Teman..
PENTING!!
Berhubungan dengan fasilitas baru yang
diberikan oleh pihak Universitas dengan meluncurkan website
"palawa.ugm.ac.id" , apakah selama ini ada keluhan ,aduan, atau
pertanyaan?
Kami akan mencoba untuk membantu
teman-teman untuk mengetahui informasi tentang kesulitan atau keluhan
teman-teman.
Teman-teman bisa menyampaikan masalahnya di
Grup Line ini atau sms ke 082242039850
Terima Kasih :D
Departemen Advokasi
DEMA Justicia
PENTING!! Jawaban atas pertanyaan atau aduan teman-teman mengenai Web Palawa. Source: IT Direktorat Akademik UGM (Tolong Disebar)
1.SEBENARNYA SEMESTER GENAP INI MENDAPATKAN 24 SKS, TETAPI KENAPA DI WEB MAKSIMAL HANYA 18 SKS?
-Hal tersebut tergantung dari Fakultas masing-masing, sebab Direktorat Akademik hanya menerima input data dari pihak Fakultas. Jadi dimungkinkan karena nilai belum direkap keseleruhan, sehingga hanya keluar maksimal 18 SKS.
BAGI TEMAN-TEMAN YANG MENGALAMI PROBLEM YANG SAMA, SILAHKAN MENCANTUMKAN NOMOR INDUK MAHASISWA dan KIRIM KE NOMOR 085815057807 UNTUK DAPAT DIKONFIRMASI KE PIHAK FAKULTAS.
2.KENAPA SERING ERROR KETIKA LOG IN DAN SUSAH DIAKSES MELALUI HP ATAUPUN TABLET?
-Hal tersebut dikarenakan kalian Log In di jam aktif, di mana banyak mahasiswa yang mengakses web Palawa tersebut. Namun ada kabar gembira untuk kita semua, mulai hari ini gangguan seperti Error, susah log in sudah diatasi, sebab sudah ditambah amunisi dari pihak Direktorat Akademik. Dengan demikian, Web Palawa juga dapat diakses secara maksimal melalui HP maupun Tablet.
3.DI LAMAN Edom, TERDAPAT 2 KELAS UNTUK MATA KULIAH YANG SAMA. APAKAH MEMPENGARUHI KRS/IRS?
-Mahasiswa memang tidak dapat memiliki dua kelas dalam satu mata kuliah. Namun mulai hari ini pihak Direktorat Akademik sudah menghapus daftar kelas yang memang tidak aktif atau sudah ditinggalkan. Silahkan dicek lagi.
4.WAKTU YANG TERSEDIA UNTUK MENGAKSES WEB HANYA 10 MENIT, SETELAH ITU AKAN LOG OUT SENDIRI. BAGAIMANA KALAU MENGGANGGU WAKTU KRS an? BAGAIMANA SOLUSINYA?
- Pihak Direktorat Akademik telah mempertimbangkan waktu untuk mengakses Web Palwa, sebab sebenarnya pada web sebelumnya durasi yang diberikan kepada mahasiswa juga 10 Menit. Hanya saja sekarang durasi tersebut ditampilkan, sehingga mahasiswa mengetahui waktu yang tersedia. Dari pengalaman, Direktirat Akademik memprediksikan bahwa 10 menit waktu yang sangat cukup untuk melakukan KRS.
Lalu bagaimana SOLUSI untuk mengantisipasi agar KRS tidak terganggu?
Teman-teman dapat membuka link dengan tab baru, sebab waktu kalian akan kembali dihitung dari 10 menit awal.
Apakah ada pertanyaan atau aduan? Silahkan menghubungi 082242039850 ; 08156570674 atau melalui Group Line ini.
Terima Kasih
Departemen Advokasi Dema Justicia
PENTING!! Jawaban atas pertanyaan atau aduan teman-teman mengenai Web Palawa. Source: IT Direktorat Akademik UGM (Tolong Disebar)
1.SEBENARNYA SEMESTER GENAP INI MENDAPATKAN 24 SKS, TETAPI KENAPA DI WEB MAKSIMAL HANYA 18 SKS?
-Hal tersebut tergantung dari Fakultas masing-masing, sebab Direktorat Akademik hanya menerima input data dari pihak Fakultas. Jadi dimungkinkan karena nilai belum direkap keseleruhan, sehingga hanya keluar maksimal 18 SKS.
BAGI TEMAN-TEMAN YANG MENGALAMI PROBLEM YANG SAMA, SILAHKAN MENCANTUMKAN NOMOR INDUK MAHASISWA dan KIRIM KE NOMOR 085815057807 UNTUK DAPAT DIKONFIRMASI KE PIHAK FAKULTAS.
2.KENAPA SERING ERROR KETIKA LOG IN DAN SUSAH DIAKSES MELALUI HP ATAUPUN TABLET?
-Hal tersebut dikarenakan kalian Log In di jam aktif, di mana banyak mahasiswa yang mengakses web Palawa tersebut. Namun ada kabar gembira untuk kita semua, mulai hari ini gangguan seperti Error, susah log in sudah diatasi, sebab sudah ditambah amunisi dari pihak Direktorat Akademik. Dengan demikian, Web Palawa juga dapat diakses secara maksimal melalui HP maupun Tablet.
3.DI LAMAN Edom, TERDAPAT 2 KELAS UNTUK MATA KULIAH YANG SAMA. APAKAH MEMPENGARUHI KRS/IRS?
-Mahasiswa memang tidak dapat memiliki dua kelas dalam satu mata kuliah. Namun mulai hari ini pihak Direktorat Akademik sudah menghapus daftar kelas yang memang tidak aktif atau sudah ditinggalkan. Silahkan dicek lagi.
4.WAKTU YANG TERSEDIA UNTUK MENGAKSES WEB HANYA 10 MENIT, SETELAH ITU AKAN LOG OUT SENDIRI. BAGAIMANA KALAU MENGGANGGU WAKTU KRS an? BAGAIMANA SOLUSINYA?
- Pihak Direktorat Akademik telah mempertimbangkan waktu untuk mengakses Web Palwa, sebab sebenarnya pada web sebelumnya durasi yang diberikan kepada mahasiswa juga 10 Menit. Hanya saja sekarang durasi tersebut ditampilkan, sehingga mahasiswa mengetahui waktu yang tersedia. Dari pengalaman, Direktirat Akademik memprediksikan bahwa 10 menit waktu yang sangat cukup untuk melakukan KRS.
Lalu bagaimana SOLUSI untuk mengantisipasi agar KRS tidak terganggu?
Teman-teman dapat membuka link dengan tab baru, sebab waktu kalian akan kembali dihitung dari 10 menit awal.
Apakah ada pertanyaan atau aduan? Silahkan menghubungi 082242039850 ; 08156570674 atau melalui Group Line ini.
Terima Kasih
Departemen Advokasi Dema Justicia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar