Selasa, 03 Februari 2015

Just Share tentang Web Palawa UGM

Just Share tentang Web Palawa UGM

Intinya: Palawa.ugm.ac.id : Masuknya tetep pake niu n pass portal akademik seperti biasa. Ntr ada banyak menunya gtu. Nilai yg semester sebelumnya bisa liat kalo yg semester trakhir diambil blm bisa soalnya belum ngisi EDoM Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa entah gimana ngisinya. Liat nilainya di bagian menu akademik, terus mahasiswa ntar dikanannya ada nilai, riwayat nilai dll. Tulisannya konsekuensi kalo belum ngisi EDoM ga bisa IRS/KRS juga. Ternyata udah bisa isi edom nya, di bagian menu akademik terus klik edom ntar tinggal pilih terus klik kelasnya, habis itu kita udah bisa isi edom nya. Diisi buruk smua aja. Nilai ttp kluar kok. Lagian itu webnya lebih gampang kok dari yang sebelumnya. Kan pas buka edom itu dijelasin kalo itu bersifat rahasia. Jadi kalo pun lo ngasih penilaian jelek ke dosen, gak bakalan ngaruh sama nilai.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa UGM saat pertama kali mengakses Palawa UGM sebagai berikut:
1. Jangan panik! Santai saja, ini adalah sistem baru yang ditawarkan UGM melalui Palawa UGM. Sistem ini lebih baik dan fiturnya lebih komplit daripada sistem sebelumnya (Portal Akademik UGM). Cermati dahulu dengan seksama, baca satu persatu, akses halaman serta fiturnya satu persatu agar semakin jelas dan paham.
2. Sistem Palawa UGM ini memiliki fitur Auto-Logout di mana mahasiswa yang login (masuk) akan di-logout (dikeluarkan) secara otomatis setiap 10 menit sekali. Jangan khawatir, kita tinggal login lagi saat di-logout oleh sistem. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan dalam sistem Palawa UGM terutama keamanan terhadap akun kita.
3. Saat pertama kali masuk Palawa UGM biasanya beberapa informasi akademik seperti riwayat registrasi, hasil studi, rekap nilai, dan riwayat nilai serta informasi profil masih banyak yang kosong. Tidak masalah, beberapa menit kemudian informasi tersebut akan lengkap dengan sendirinya karena saat kita masuk pertama kali maka sistem baru memulai merekap (load) data dari sistem sebelumnya untuk ditampilkan pada sistem baru Palawa UGM.
4. Hasil studi periode 2014 semester gasal (KHS terbaru) belum bisa ditampilkan karena kita belum mengisi EDoM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa). Untuk itu, kita harus mengisi EDoM tersebut. Konsekuensi jika kita tidak mengisi EDoM meliputi: Nilai tidak ditampilkan di laman hasil studi mahasiswa meskipun data nilai sudah dimasukkan ke dalam sistem; Rekap nilai tidak ditampilkan; dan Tidak dapat melakukan Isian Rencana Studi (IRS/KRS). Setalah kita mengisi EDoM pada semua mata kuliah yang diambil maka hasil studi baru bisa keluar.
5. Memulai mengisi EDoM. Buka menu Akademik > Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa > Dosen Pengampu Mata Kuliah lalu pilih satu persatu kelas mata kuliah yang diambil dan isi satu persatu evaluasi terhadap dosen pengampu mata kuliah tersebut sesuai dengan hati nurani Anda. Jangan takut, data bersifat rahasia, sistem hanya mencatat isian dan menandai Anda sudah mengisi tetapi tidak menyimpan relasi isian dengan profil Anda.
6. Sabar dalam mengakses setiap fitur Palawa UGM terutama dalam mengisi EDoM. Jangan gegabah, perubahan portal yang mendadak membuat ribuan mahasiswa UGM mengakses seketika dalam waktu yang bersamaan sehingga diperkirakan trafik pada server webnya akan penuh beban yang mengakibatkan proses berlangsung lebih lama (lemot). Terlebih ini masih periode penantian nilai hasil studi dan mendekati periode KRS. Usahakan koneksi internet yang kita gunakan cepat atau akseslah pada waktu-waktu sepi, misalnya tengah malam atau dini hari.
7. Jangan risau saat kita sudah mengisi EDoM tetapi saat kita lihat di halaman Hasil Studi menunjukkan bahwa EDoM belum terisi. Tipsnya adalah dengan mengisi EDoM satu persatu, jangan langsung dibuka EDoM beberapa mata kuliah pada banyak tab. Buka EDoM mata kuliah pertama lalu diisi, kemudian cek di halaman Hasil Studi dan pastikan bahwa EDoM mata kuliah pertama tersebut sudah berhasil terisi (tidak ada tulisan "belum mengisi EDoM"). Setelah itu, tunggu beberapa saat sekitar dua menit sambil browsing atau sambil makan camilan baru kemudian mengisi EDoM mata kuliah kedua dan seterusnya sampai semua EDoM mata kuliah berhasil terisi.

Informasi Akademik : berikut adalah Tata Cara Penggunaan Portal Akademik Baru (short version). silahkan didownload dan disebarkan infonya. terimakasih http://bit.ly/TataCaraPenggunaanPortalAkademik

Buka bit.ly/tentangpalawa guys, ada update FAQ dsana :) (Frequently asked questions)
Sedikit informasi.Guys kalo mau baca ada FAQ PALAWA nih, dema fisipol baru bikin habis wawancara sama pihak DA. Cek aja bit.ly/tentangpalawa :) kalo kurang kasih pertanyaan lg aja yaa secara garis besar ataupun kasus spesifik, nanti diaudiensi lagiii. Makasih.

 [FAQ] [ADVOKASI] Tentang Portal Palawa.

Note ini akan di update tiap harinya mulai dari Senin, 2 Februari 2015.Ikuti terus perkembangannya.

(Forum Answer & Question) PALAWA UGM
Wawancara dengan Bu Erika dan Pak Haris, bagian Informasi dan Teknologi Direktorat Akademik UGM.

1. Apa sih website palawa.ugm.ac.id itu?
a) Palawa, atau Portal Mahasiswa, adalah portal yang (diharapkan) memungkinkan seluruh civitas akademika UGM untuk mengakses berbagai informasi akademik dengan akses lebih cepat dan fitur yang lebih lengkap. Portal ini menggantikan fungsi dari portal mahasiswa yang sebelumnya dapat diakses di akademika.ugm.ac.id.
b) Kamu bisa website palawa.ugm.ac.id dan Log In dengan user name dan password yang pernah kamu gunakan di portal akademik sebelumnya.

2. Mengapa tidak ada sosialisasi kepada mahasiswa?
a) Sosialisasi belum dilakukan karena terdapat kebutuhan mendesak akan fitur Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa yang terdapat di Palawa.
b) Sosialisasi akan dilakukan di tingkat fakultas dengan bantuan Kepala Seksi bagian Informasi dan Teknologi di fakultas.

3. Kenapa tidak ada uji coba terhadap portal baru ini?
a) Uji coba sudah pernah dilakukan sejak tahun lalu di beberapa fakultas. Namun, tidak ada permasalahan yang berarti dalam uji coba tersebut karena mahasiswa atau pihak yang dilibatkan tidak banyak. Eror banyak terjadi sekarang salah satunya dikarenakan akses yang membludak dari puluhan ribu mahasiswa UGM.

4. Bagaimana koordinasi pihak universitas dengan fakultas terkait portal ini?
a) Saat ini belum ada koordinasi kepada kepala seksi fakultas yang mengurus bagian IT. Hasil audiensi dengan pihak fakultas hari ini (Senin, 2 Februari 2015) menyatakan mereka tidak mengetahui bahwa Palawa sudah di launching ke pihak mahasiswa. Sehingga, Advokasi Dema dialihkan untuk melakukan koordinasi langsung ke pihak universitas.

5. Karena masih transisi portal lama ke portal baru, mengapa keduanya tidak diaktifkan terlebih dulu untuk menjamin KRS bisa berjalan dengan baik?
a) Hal ini tidak bisa dilakukan karena dengan pengaktifan kedua portal, mahasiswa bisa dipastikan cenderung mengisi KRS di portal akademik yang lama. Padahal, fitur yang dirasa universitas cukup mendesak ada pada portal baru. Ini juga untuk menghindari kebingungan akan informasi yang valid.

6. Apakah universitas memiliki jaminan jika pada akhirnya ada kendala teknis yang menyebabkan mahasiswa tidak bisa melakukan KRS hingga masa revisi habis?
a) Yang paling penting, laporkan setiap akun yang bermasalah dan pihak universitas akan mengecek server tersebut dengan jaminan waktu untuk perbaikan.
b) Usahakan segala proses dilakukan dalam masa KRS dan revisi KRS.
c) Jika masih ada kendala teknis yang sangat krusial di masa transisi ini hingga akhir masa KRS, mahasiswa tersebut dapat mengajukan surat ke Dekanat Fakultas masing-masing dan melakukan diskusi dengan alasan keterlambatan yang logis, dibantu dengan Departemen Advokasi.

7. Bagaimana jika tidak bisa Log-In ke portal palawa?
a) Log-in gagal kemungkinan karena server sedang sibuk. Akses pada website penuh di waktu-waktu tertentu, terutama masa KRS dan revisi KRS ini. Jika tidak bisa, coba lagi beberapa saat.

8. Untuk mahasiswa Fisipol, jika sudah mengisi KUEL, apakah masih harus mengisi EDoM?
a) Ya. Transisi portal lama ke portal baru menyebabkan belum terintegrasinya hasil evaluasi yang dilakukan di tingkat fakultas dan universitas. Standar yang digunakan juga berbeda. Sehingga, mengisi EDoM menjadi suatu keharusan untuk memunculkan Hasil Studi di tingkat universitas.

9. Haruskah mahasiswa Fisipol mengisi EDoM dari semester 1 untuk melihat Hasil Studi?
a) Tidak perlu. Mahasiswa hanya perlu mengisi EDoM untuk semester ganjil 2014.

10. Bagaimana jika nilai mata kuliah tidak muncul di bagian ‘Hasil Studi’?
a) Mahasiswa perlu mengisi seluruh bagian EDoM untuk memunculkan nilai pada Hasil Studi.
b) Selain itu, nilai bisa di cek di ‘Hasil Studi’, ‘Rekap Nilai’, dan ‘Riwayat Nilai’.
i. Hasil studi berisi nilai mata kuliah dengan rekapan per-semester.
ii. Rekap Nilai berisi seluruh mata kuliah beserta nilainya, termasuk nilai terbaru jika ada mata kuliah yang mengulang.
iii. Riwayat Nilai berisi rekam jejak nilai yang pernah didapatkan oleh mahasiswa tersebut.

11. Bagaimana jika tidak bisa mengisi EDoM di portal?
a) EDoM blank dan tidak ada form yang bisa diisi disebabkan oleh kendala server yang belum stabil.
b) Sebagai solusi, segera lakukan pengaduan ke Advokasi Dema Fisipol (085714430001 - Kiki) dengan format nama_NIM_keluhan. Kami akan menyampaikan nama dan NIM yang akunnya bermasalah ke bagian Informasi dan Teknologi Direktorat Akademik UGM setiap hari selama masa REVISI KRS Fisipol, setiap pukul 09.00 dan pukul 13.00.
c) DA akan memproses akun yang bermasalah agar bisa mengakses EDoM segera. Jika masih belum bisa mengakses di hari itu, beri laporan ke Advokasi Dema kembali.

12. Apa arti notifikasi ‘belum disetujui’ yang muncul di samping mata kuliah dalam lembar KRS?
a) Secara ideal, notifikasi itu dihadirkan untuk memperkuat peran Dosen Pembimbing Akademik (DPA) di tiap fakultas. DPA kedepannya akan memberikan masukan dan izin bagi KRS mahasiswa. Namun, dalam masa transisi portal saat ini, tidak menjadi masalah jika notifikasi ‘belum disetujui’ masih ada dalam KRS. Mahasiswa tetap akan terdaftar dalam mata kuliah tersebut.

Kami akan update terbaru lagi secepatnya.

Salam Dekat-MenyegarkanDepartemen AdvokasiDewan Mahasiswa Fisipol UGM

Selamat Pagi Teman-Teman..
PENTING!!
Berhubungan dengan fasilitas baru yang diberikan oleh pihak Universitas dengan meluncurkan website "palawa.ugm.ac.id" , apakah selama ini ada keluhan ,aduan, atau pertanyaan?
Kami akan mencoba untuk membantu teman-teman untuk mengetahui informasi tentang kesulitan atau keluhan teman-teman.
Teman-teman bisa menyampaikan masalahnya di Grup Line ini atau sms ke 082242039850

Terima Kasih :D
Departemen Advokasi

DEMA Justicia

PENTING!! Jawaban atas pertanyaan atau aduan teman-teman mengenai Web Palawa. Source: IT Direktorat Akademik UGM (Tolong Disebar)

1.SEBENARNYA SEMESTER GENAP INI MENDAPATKAN 24 SKS, TETAPI KENAPA DI WEB MAKSIMAL HANYA 18 SKS?
-Hal tersebut tergantung dari Fakultas masing-masing, sebab Direktorat Akademik hanya menerima input data dari pihak Fakultas. Jadi dimungkinkan karena nilai belum direkap keseleruhan, sehingga hanya keluar   maksimal 18 SKS.
BAGI TEMAN-TEMAN YANG MENGALAMI PROBLEM YANG SAMA, SILAHKAN MENCANTUMKAN NOMOR INDUK MAHASISWA dan KIRIM KE NOMOR  085815057807 UNTUK DAPAT DIKONFIRMASI KE PIHAK FAKULTAS.

2.KENAPA SERING ERROR KETIKA LOG IN DAN SUSAH DIAKSES MELALUI HP ATAUPUN TABLET?
-Hal tersebut dikarenakan kalian Log In di jam aktif, di mana banyak mahasiswa yang mengakses web Palawa tersebut. Namun ada kabar gembira untuk kita semua, mulai hari ini gangguan seperti Error, susah log in sudah diatasi, sebab sudah ditambah amunisi dari pihak Direktorat Akademik. Dengan demikian, Web Palawa juga dapat diakses secara maksimal melalui HP maupun Tablet.

3.DI LAMAN Edom, TERDAPAT 2 KELAS UNTUK MATA KULIAH YANG SAMA. APAKAH MEMPENGARUHI KRS/IRS?
-Mahasiswa memang tidak dapat memiliki dua kelas dalam satu mata kuliah. Namun mulai hari ini pihak Direktorat Akademik sudah menghapus daftar kelas yang memang tidak aktif atau sudah ditinggalkan. Silahkan dicek lagi.

4.WAKTU YANG TERSEDIA UNTUK MENGAKSES WEB HANYA 10 MENIT, SETELAH ITU AKAN LOG OUT SENDIRI. BAGAIMANA KALAU MENGGANGGU WAKTU KRS an? BAGAIMANA SOLUSINYA?
- Pihak Direktorat Akademik telah mempertimbangkan waktu untuk mengakses Web Palwa, sebab sebenarnya pada web sebelumnya durasi yang diberikan kepada mahasiswa juga 10 Menit. Hanya saja sekarang durasi tersebut ditampilkan, sehingga mahasiswa mengetahui waktu yang tersedia. Dari pengalaman, Direktirat Akademik memprediksikan bahwa 10 menit waktu yang sangat cukup untuk melakukan KRS.
Lalu bagaimana SOLUSI untuk mengantisipasi agar KRS tidak terganggu?
Teman-teman dapat membuka link dengan tab baru, sebab waktu kalian akan kembali dihitung dari 10 menit awal.

Apakah ada pertanyaan atau aduan? Silahkan menghubungi 082242039850 ; 08156570674 atau melalui Group Line ini.
Terima Kasih


Departemen Advokasi Dema Justicia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar