Sifat-sifat ALLAH
Wajib dan mustahil
Nomer
|
Wajib
|
Mustahil
|
Nama
dan arti
|
Nama
dan arti
|
|
1
|
Wujud Ada
|
Adam Tidak ada
|
2
|
Qidam Dahulu
|
Huduus Baru
|
3
|
Baqa' Kekal
|
Fana Rusak
|
4
|
Mukhalafatuhu lil hawadits Berbeda
dengan ciptaan-Nya
|
Mumatsalatuhu lil hawadits Sama dengan
ciptaan-Nya
|
5
|
Qiyamuhu binafsihi Berdiri
dengan sendirinya
|
Ihtiyaju lighairihi Membutuhkan
yang lain
|
6
|
Wahdaniyyah Esa atau
Tunggal
|
Ta'addud Berbilang
|
7
|
Qudrah Berkuasa
|
'Ajzun Lemah
|
8
|
Iradah Berkehendak
|
Karahah Terpaksa
|
9
|
Ilmu Mengetahui
|
Jahlun Bodoh
|
10
|
Hayat Hidup
|
Mautun Mati
|
11
|
Sam'un Mendengar
|
Samamum Tuli
|
12
|
Basar Melihat
|
Umyun Buta
|
13
|
Kalam Berkata
|
Bukmun Bisu
|
14
|
Qadirun Yang Berkuasa
|
'Ajizun Yang maha
lemah
|
15
|
Muridun Yang Berkehendak
|
Mukrahun Yang maha
terpaksa
|
16
|
'Alimun Yang
Mengetahui
|
Jahilun Yang maha
bodoh
|
17
|
Hayyun Yang Hidup
|
Mayyitun Yang mati
|
18
|
Sami'un Yang
Mendengar
|
Ashamma Yang maha
tuli
|
19
|
Basirun Yang Melihat
|
A'maa Yang maha
buta
|
20
|
Mutakallimun Yang Berbicara
|
Abkama Yang maha
bisu
|
Sifat Jaiz
Dalam
“ Kajian Hakikat Tauhid “ kita memahami bahwa sifat Jaiz pada Allah swt
terbagi atas 4 bagian dengan namnya masing-masing yaitu :
1.
Mungkin pada masa lalu ( wajadda wa’angqada )
Mungkin
pada masa lalu ini adalah seperti mungkin pada nenek moyang atau leluhur kita
termasuk didalamnya asal usul dan segala hal yang berhubungan dengannya. Dalam
mungkin wajadda
wa’angqada ini pemahaman kita adalah bahwa sifat Qudrat dan Iradat Allah swt memberi bekas pada setiap ciptaan-Nya.
Taksyariyah namanya
2.
Mungkin pada saat ini ( Maujudad )
Mungkin
pada saat ini adalah seperti bumi dan langit dan segala isinya termasuk
didalamnya mungkin saja yang dikatakan alien itu ada dan mungkin saja tidak ada
dll. Dalam mungkin Maujudad ini pemahaman kita adalah bahwa sifat Qudrat dan Iradat Allah swt berserta
dengan dengan ciptaan-Nya dalam arti meliputi . Ma’iyah namanya
3.
Mungkin pada masa datang ( Sayujad )
Mungkin
pada masa yang akan datang seperti adanya anak-anak cucu serta keturunan kita.
Dalam mungkin Sayujad
ini pemahaman kita segala sesuatu yang akan datang itu merupakan penetapan dan
hukum atau sebab dari Qudrat dan Iradat
Allah swt. Hukmiyah namanya
4.
Mungkin dalam Ilmu Allah swt ( ‘Alimullahu annahu lam yu jad )
Mungkin dalam ilmu Allah swt berarti tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah swt apabila Dia berkehendak
dengan atau tanpa sebab sesuai hukum syariat atau diterima atau tidak oleh akal
seperti Allah swt menciptakan manusia berkepala tujuh atau ular berkaki sembilan
atau memasukkan orang kafir kedalam surga. Semua mungkin saja terjadi karena Allah swt adalah Zat Yang Maha Kuasa atas
tiap-tiap sesuatu. Dalam mungkin ‘Alimullahu annahu lam yu jad ini pada
pemahaman kita adalah Qudrat dan Iradat
Allah swt yang memberi kekuatan dan yang menguatkan ciptaannya. Qawiyah namanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar